Selasa, 30 April 2013

Malang Menuju Kota Metropolitan



Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin cepat membawa banyak manfaat positif bagi masyarakat  di seluruh nusantara. Namun pembangunan yang tidak terarah dan mengabaikan faktor lingkungan akan berdampak sangat merugikan bagi masyarakat banyak.
Kota Malang yang banyak dikenal sebagai kota pendidikan dan wisata juga mengalami pertumbuhan yang amat pesat. Berbagai sektor terus mengalami pembangunan, baik itu yang dilakukan oleh swasta maupun pemerintah. Dengan jumlah penduduk yang terus bertambah dan ditambah juga oleh pendatang yang semakin banyak di Kota Malang menjadikan pemukiman penduduk terus bertamabah. Hal ini bertolak belakang dengan luas tanah yang semakin menyempit terutama di tengah kota. Hunian vertikal menjadi solusi praktis akan keterbatasan lahan tersebut. Untuk itulah sektor properti menjadi nomor satu dalam hal pembangunan. Semakin banyak gedung-gendung tinggi yang dibangun di Kota Malang, sebagian besar berupa apartement. Menurut pengamatan penulis kurang lebih terdapat 6 bangunan tinggi yang sedang di bangun di kota malang.
Salah satu pembangunan gedung tinggi di ruas utama  jalan Letjen S Parman Kota Malang
Salah satu pembangunan gedung tinggi di ruas utama  jalan Letjen S Parman Kota Malang

Semakin menggeliatnya pembangunan properti di Kota Malang tentu menunjukkan perkembangan ekonomi yang semakin baik, namun di sisi lain pembanguna beton-beton tersebut dapat berdampak negatif bagi lingkungan sekitar jika tanpa kajian lingkungan yang baik pula. Tentu masih teringat dibenak kita bajir besar yang melanda Jakarta pertengahan Januari lalu. Hal itu tak lepas dari pembangunan hutan beton yang tidak memperhatikan aspek lingkungan, banyak diantara gedung-gudung tinggi tersebut yang tidak mempunyai sumur resapan sehingga air hujan tidak bisa meresap ke tanah. Karena air hujan terhalang oleh lapisan beton di tambah pula oleh drainase yang buruk, bencana bajir besar pun tak dapat dihindari. Berkaca dari hal itu patutlah kita yang berada di Kota Malang untuk lebih membangun secara bijaksana agar tak menjadi bencana seperti di Jakarta. Perlu sinergi antara pemerintah dan pihak swasta agar pembangunan yang memperhatikan lingkungan dapat diperhatikan.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha , Edited by Herman